Menu

Di Hari itu, 14 Februari…,

14 februari-cakep-indonesia

Dinihari jam 03.00 WIB tepat tanggal 14 Februari 1945, terjadi sebuah peristiwa yang menggemparkan kota Blitar, Jawa Timur. Sekumpulan pemuda Indonesia yang tergabung dalam pasukan PETA (Pembela Tanah Air) dibawah pimpinan Supriadi, melakukan perlawan terhadap tentara penjajah Jepang. Aksi heroik ini tidak sepenuhnya berhasil, karena rencana mereka telah bocor diketahui oleh pihak penjajah Jepang. Sehingga, sewaktu mereka menyerang markas tentara dan rumah-rumah para perwira tentara Jepang, tempat tersebut telah kosong… tidak ada orang.

Akibatnya sungguh tragis, pasukan pemuda PETA tertangkap dan dipenjara oleh tentara Jepang. Sejarah mencatat bahwa pimpinan PETA,  Supriadi, hilang tak diketahui keberadaannya hingga kini. Sedangkan para pemuda yang melakukan aksi perlawanan ditangkap, dipenjara, disiksa, dan pada akhirnya dihukum mati oleh tentara Jepang.

Satu pertanyaan, kenapa para pemuda tentara PETA tersebut melakukan perlawan terhadap Jepang? Karena Jepang ternyata memberi janji-janji saja kepada rakyat Indonesia, ingin memberikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia, ingin memajukan rakyat Indonesia. Namun, faktanya adalah Jepang menjajah Indonesia dan menyiksa rakyat Indonesia.

Kerja Paksa, Kerja Rodhi, kerja Romusha, adalah bentuk penyiksaan Jepang terhadap rakyat Indonesia, belum lagi kondisi para kaum perempuan  yang sangat banyak menjadi korban kebiadaban sex para tentara Jepang.

Hal inilah yang membuat marah para pemuda Indonesia yang tergabung dalam tentara PETA, walaupun harus diakui bahwa PETA merupakan pasukan tentara yang dibuat oleh Jepang sendiri dengan melibatkan para tokoh Indonesia. Namun para pemuda ini tetap mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, sehingga begitu mereka melihat kezaliman Jepang terhadap rakyat Indonesia dan juga terhadap bumi pertiwi, mereka bergerak melakukan perlawanan..

Nah itu sekelumit sejarah heroik para pemuda Indonesia. Perlawanan para pemuda heroik tersebut berakhir diujung pedang para algojo Jepang dengan menebas kepala mereka, tapi ketahuilah bahwa semangat heroik mereka tetap hidup hingga sekarang.

Para pemuda Indonesia Zaman now…

Ingatlah, tanggal 14 Februari adalah hari bersejarah dimana pemuda dengan semangat nasionalisme membela tanah air Indonesia dari kezaliman penjajah Jepang. Mereka telah gugur sebagai pahlawan bangsa, jasad mereka sudah menyatu dengan ibu pertiwi Indonesia.

Sejarah telah mencatat aksi perlawanan heroik mereka bahkan sebagian  kisah mereka mengisi lembaran buku-buku sejarah di sekolah-sekolah, dan bisa jadi kalian para pelajar pernah membaca atau mendengar kisah tersebut…. (HR)

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP