Menu

GERAKAN PEDULI JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH

WhatsApp Image 2018-01-18 at 14.11.35

LATAR BELAKANG GERAKAN

Makanan jajanan didefinisikan sebagai makanan siap makan atau dipersiapkan untuk dikonsumsi langsung dilokasi jualan, jalanan atau tempat umum, seperti are pemukiman, pusat perbelanjaan, terminal, pasar, sekolah atau dijajakan dengan cara berkeliling (Nuryanto, 2008:83-85). Makanan ringan ini memang banyak diminati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Makanan jajanan memiliki harga murah, mudah didapat, cita rasa enak, dan cocok dengan selera masyarakat.

 

Anak sekolah merupakan salah satu konsumen dari jajanan yang aktif dalam menentukan jenis jajanan yang disukai. Hampir sepertiga waktu anak sekolah dihabiskan di sekolah, maka tidak mengherankan apabila penjual jajanan banyak yang ditemui di lingkungan sekolah. Menurut data pengawasan BPOM terhadap jajan anak sekolah tahun 2007 didapati 45% jajan anak sekolah tidak memenuhi syarat karena mengandung bahan kimia berbahaya, seperti formalin, boraks, rhodamin, mengandung BTP (siklamat dan benzoat) melebihi batas aman. Selanjutnya pada tahun 2008, BPOM juga melakukan penelitian di beberapa Provinsi di Indonesia yang menunjukkan bahwa 39,95% tidak memenuhi syarat keamanan pangan, dan 10,45% dari seluruh sampel menggunakan pewarna yang dilarang antara lain rhodamin B, methanil yellow, dan amaranth (Nurdwiyanti, 2008).

 

Menurut WHO keracunan makanan dikarenakan penggunaan Bahan Makanan Tambahan berisiko yang menyebabkan kematian mencapai 2.2 juta orang tiap tahun dan sebagian besar terjadi pada anak-anak (BPOM RI, 2013). Pada tahun 2012 dilaporkan presentase kejadian luar biasa (KLB) keracunan pangan di tingkat SD setiap tahunnya jauh lebih tinggi dari pada jenjang pendidikan lainnya. Hasil survey dari 40 Madrasah Ibtidaiyah di Depok tahun 2012 diketahui sebesar 52% makanan dan 60% minuman yang dijual di sekolah mengandung bakteri, 4% makanan jajanan masih menggunakan formalin, dan 10% makanan menggunakan pemanis buatan.

 

Warna merupakan hal yang menarik setelah aroma dan rasa, bahkan bisa jadi makanan lembut, enak dan beraroma lezat dapat dikalahkan karena tampilan warna menggoda. Apalagi anak-anak, melihat kemasan dan tampilan menarik akan membuat mereka tidak ragu untuk melepaskan uang jajan yang dimiliki (Gardjito, 2006). Saat jajanan dibuat menggunakan pewarna alami tentunya tidak akan jadi masalah, tetapi ketika zat-zat berbahaya seperti yang disampaikan pada di atas yang digunakan untuk mewarnai makanan tentu menjadi hal yang tidak diinginkan. Penggunaan pewarna sintetik dapat mengganggu fungsi otak dan perilaku anak di sekolah.

 

Penggunaan formalin dan boraks banyak digunakan untuk bahan pembuatan bakso, mie basah, kudapan dan makanan ringan. Jenis makanan tersebut merupakan jajanan yang sering dijumpai di sekolah atau lingkungan tempat tinggal. Mengkonsumsi makann yang mengandung formalin dan borak secara terus menerus dapat mengakibatkan gangguan pada otak, hati, lemak, ginjal, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

AKSI NYATA CAKEP INDONESIA

Berdasarkan latar belakang di atas, maka kami dari Cakep Indonesia mengambil langkah nyata dengan membuat “Gerakan Peduli Jajanan Sehat Di Sekolah”. Gerakan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli dengan kesehatan jajanan yang disediakan di sekolah.

Pertama, Cakep Indonesia mengadakan Kampanye Gerakan Peduli Jajanan Sehat Di Sekolah

Presiden Cakep Indonesia menginstruksikan kepada seluruh Head Coach dan Coach di seluruh Indonesia untuk membuat kegiatan bersama dengan duta Cakep. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa merapikan kantin, kampanye jajanan sehat, makan bersama dan lain-lain bertempat di sekolah masing-masing Cakepers. Membuat postingan di seluruh medsos resmi Cakep tiap daerah atau pribadi dengan menyertakan tagar #Cakep_itu_KantinKuBersih, #Cakep_itu_PeduliJajananSehatBergizi

 

Kedua, Cakep Indonesia mengadakan lomba dengan tema Peduli Jajanan Sehat di Sekolah

1.Lomba ini diperuntukkan Duta Cakep atau Pelajar tingkat SMP/SMA sederajat se-Indonesia

2. Peserta mengirimkan karya berupa Foto / Vlog / Peliputan / Artikel Singkat melalui WA (087-777-997-236)

3. 10 karya terbaik akan mendapatkan hadiah menarik

 

Ketiga, Donasi Cakep Peduli Jajanan Sehat

Donasi di transfer ke Bank Syari’ah Mandiri (BSM) dengan Nomor Rekening 787 7876877 a/n Yayasan Cakep Indonesia, konfirmasi transfer ke 081-802-146-100.

 

Bergabunglah bersama kami, untuk mensukeskan gerakan ini. Salam Ibu Jari.

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP