Menu

Jajanan 5P, Husss… Sana!

jajanan-sehat-cakep-indonesia

 

Buuurrr…Cang Ijo…

Prak toprak ketoprak…

Kue ape!

(korban sinetron nih ye :v)

 

Jajan. Ngomongin soal jajanan bagaikan menghitung tikungan suatu bangsa, banyak macamnya dan nggak ada habisnya. Tiap daerah punya jajanan khasnya masing-masing, begitu pula kantin sekolah. Duh, ngomongin kantin jadi kangen sekolah.

 

Kantin sekolah adalah posko penyelamat bagi raga-raga yang kelaparan dan kehausan, karena disana tersedia berbagai macam jajanan, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Ada gorengan (salah satu ciri khas kantin sekolah), kue basah, siomay, batagor, bakso, mie ayam, nasi campur, nasi pecel, soto ayam, dan masih banyak lainnya tergantung mood penjualnya.

 

Tapi… ada tapinya nih Cakepers. Nggak semua makanan di kantin itu sehat lho, kecuali memang kantin tersebut adalah kantin sehat. Eits… bukan bermaksud menghasut Cakepers buat nggak jajan di kantin lho ya, tapi kita memang perlu tahu dan menghindari jajanan yang tidak sehat tersebut agar tumbuh-kembang kita tidak terganggu.

 

Lalu, seperti apa sih jajanan sehat itu? Jajanan sehat itu adalah jajanan yang bergizi serta tidak mengandung penyedap, pengawet, pewarna, pemutih, dan pemanis buatan (sebut saja 5P). Mengonsumsi makanan yang mengandung 5P secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit. Misalnya, mengonsumsi mie instan dan es pelangi secara rutin dapat mengganggu proses pencernaan, sebab mi instan mengandung pengawet dan juga penyedap. Nah, kalau pencernaan udah terganggu, otomatis penyerapan gizi untuk proses tumbuh-kembang juga terganggu, konsentrasi belajar juga pasti ikut terganggu.

 

Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari jajanan-jajanan yang mengandung 5P serta mengurangi makan gorengan ya. Sebagai gantinya nih, Cakepers disarankan banget bawa bekal dari rumah. Selain lebih terjamin sehat, juga lumayan untuk menghemat uang saku, terus bisa ditabung buat beli kuota, syukur-syukur bisa buat daftar umroh, aamiin.

 

Nah, buat yang nggak sempat bikin bekal, disarankan beli jajanan atau makanan yang udah pasti sehat. Misalnya, buah potong, roti, bubur ayam, dan nasi pecel. Nggak usah ngiler ya liat jajanan yang warna-warni persis rambut badut, udah pasti nggak sehat, Guys! Karena yang menarik belum tentu enak apalagi sehat.

 

Okay, Cakepers, selamat memilih dan memilah jajanan sehat. Ingat, hindari 5P! Terus bergerak menjadi provokator kebaikan! Salam Cakep.

 

By. Endah (Cakepers Ponorogo)

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP