Menu

Sekolah Kepemimpinan Pelajar Ala Cakep Sukabumi

Sukabumi-Pelajar adalah aset yang akan menjadi pemegang estafet kepemimpinan di masa yang akan datang. Merekalah kelompok dalam masyarakat yang mengemban tugas peradaban. Tugas kita bersama adalah menyiapkan bekal mereka berkiprah menjadi pemimpin yang memilki kecakapan dan skill yang baik. Dalam rangka melaknakan tugas tersebut maka CAKEP chapter Sukabumi mengadakan kegiatan Sekolah Kepemimpinan Pelajar #1 pada hari Sabtu, […]

read more

Krisis Membaca, Hoax Merajalela

Pernah ga sih kita merenung, kenapa dunia maya di Indonesia penuh dengan hoax? Fitnah ada dimana-mana, gambar-gambar penuh editan bertebangan atau pemberitaan yang disampaikan cuma secara parsial. Tak jarang hoax yang dihembuskan untuk menjatuhkan lawan saingan. Asal sebuah hoax menjadi viral maka opini masyarakat langsung terbentuk dan mempercayai begitu saja tulisan tersebut. Tanpa klarifikasi dan […]

read more

Bersama 17 Komunitas, Cakep Solo Mensukseskan Gerakan Bebas Sampah 2020

Cakep Solo kembali bergerak menebar kebaikan. Kali ini bekerja sama dengan beberapa komunitas di Solo melakukan sebuah gerakan kepedulian terhadap pengelolaan sampah pada Minggu (25/02/2018). Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2018, dengan tema “Pemuda Solo Peduli Sampah”. Gerakan ini mengusung tekad membebaskan Indonesia Bebas Sampah 2020.   Kampanye dimulai dengan long march […]

read more

Jasmerah Dalam Kopdar Heroik Cakepers Sukabumi

Bukan pelajar cakep namanya kalau melakukan kegiatan yang udah mainstream. Saat diluar sana bulan Februari dirayakan dengan coklat dan taburan bungan, tidak demikian halnya dengan pelajar cakep dari Sukabumi. Pagi itu, hari Sabtu tanggal 17 Februari 2018 pukul 09.00 ratusan pelajar Sukabumi yang bergabung dengan Komunitas Cakep Indonesia berkumpul di monumen Palagan Bojongkokosan, Parungkuda Kabupaten […]

read more

Kasih Sayang Untuk Selamanya, 360 Derajat

  Liat judulnya pada penasaran ga sih? Ada istilah baru yang akan saya perkenalkan… kasih sayang 360 derajat. Dalam bangun datar, sudut 360 derajat membentuk sebuah lingkaran. Sesuatu yang sempurna, tidak pernah terputus dan tidak bersudut. Nah, kalau kasih sayang 360 derajat itu… yuk mari disimak penjelasan dibawah ini. Nanti juga nemu kok pengertiannya. Adalah sebuah […]

read more

DILUPAKAN BANYAK PELAJAR, CAKEP PANDEGLANG PERINGATI HARI PEMBELA TANAH AIR (PETA)

Pelajar Pandeglang yang tergabung dalam komunitas Citarasa Kebaikan Pelajar (CAKEP) melakukan aksi dalam memperingati hari PETA (Pembela Tanah Air) pada Rabu (13/2/18) di Koramil Cimanuk Pandeglang. Dalam aksi ini, Duta Cakep Pandeglang mengunjungi Koramil 0104/Cimanuk untuk sharing berbagai hal dengan tujuan agar generasi muda penerus bangsa kembali mengingat betapa sulitnya dahulu para pahlawan dengan penuh […]

read more

Jangan Cinta… Berat, Biar Aku Aja!

Mau tau siapa yang disebut dengan pahlawan itu? Gak gampang lho  seseorang disebut sebagai pahlawan. Pemerintah bahkan memerlukan waktu puluhan tahun untuk memberikan gelar pahlawan kepada seseorang.  Sebagai contoh, almarhum Ki Bagus Hadi Kusumo (1890 – 1954) salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan juga salah seorang ketua ormas Islam Muhammadiyah […]

read more

Supriyadi, Bukan Sembarang Anak Cinta

Ngomongin heroisme pemuda Indonesia yang tergabung dalam pasukan PETA pastinya ga lepas dari peran tokoh penting, yaitu Supriyadi. Pemimpin PETA yang melakukan penyerangan pada sat dia berusia 22 tahun. Supriyadi lahir pada tanggal 13 April 1923. Sekedar info aja nih, Supriyadi adalah anak dari Bupati Blitar, Raden Darmadi. Ibunya bernama Raden Roro Rahayu yang berasal […]

read more

Di Hari itu, 14 Februari…,

Dinihari jam 03.00 WIB tepat tanggal 14 Februari 1945, terjadi sebuah peristiwa yang menggemparkan kota Blitar, Jawa Timur. Sekumpulan pemuda Indonesia yang tergabung dalam pasukan PETA (Pembela Tanah Air) dibawah pimpinan Supriadi, melakukan perlawan terhadap tentara penjajah Jepang. Aksi heroik ini tidak sepenuhnya berhasil, karena rencana mereka telah bocor diketahui oleh pihak penjajah Jepang. Sehingga, […]

read more

Semangat Perlawanan PETA bagi Generasi Zaman Now

Para Cakepers sekalian, kalian masih ingat dengan pelajaran sejarah ketika membahas tentang PETA kan? Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, PETA adalah singkatan dari Pembela Tanah Air. Mereka adalah kesatuan tentara orang Indonesia yang sengaja dibentuk Jepang sebagai penjaga keamanan di masa pendudukan Jepang. Hari lahir PETA adalah 3 Oktober 1943. Tujuan Jepang membuat PETA […]

read more
Showing 1 to 10 of 127 results
  TOP