Menu

Kasih Sayang Untuk Selamanya, 360 Derajat

kasih sayang 360 derajat

 

Liat judulnya pada penasaran ga sih? Ada istilah baru yang akan saya perkenalkan… kasih sayang 360 derajat. Dalam bangun datar, sudut 360 derajat membentuk sebuah lingkaran. Sesuatu yang sempurna, tidak pernah terputus dan tidak bersudut. Nah, kalau kasih sayang 360 derajat itu… yuk mari disimak penjelasan dibawah ini. Nanti juga nemu kok pengertiannya.

Adalah sebuah ironi dan meprihatinkan ketiak anak-anak zaman now mendefinisikan kasih sayang dengan sangat sempit. Tidak sedikit dari generasi muda bangsa ini yang memberikan definisi kasih sayang hanya untuk lawan jenis saja. Seolah kasih sayang menjadi sesuatu yang sangat kecil dan sempit. Kalian yang merayakan hari kasih sayang, kepada siapa coklat dibagikan? Hampir sebagian besar yang merayakan hari kasih sayang tersebut bakal ngasih coklat atau boneka atau bunga atau yang lainnya kepada teman spesial a.k.a pacar.

Padahal penafsiran kasih sayang itu sangat luas dan tak berbatas. Bukan sekedar kepada pacar, kepada orang tua, sahabat, adek, kakak, tetangga, bahkan kepada lingkungan tempat tinggal kita juga berhak mendapat kasih sayang dari kita. Seluruh ciptaan Allah juga berhak mendapatkan kasih sayang dan belas kasih dari kita.

Menunjukkan kasih sayang antara satu makhluk dengan makhluk lain tentunya berbeda. Ga mungkin kan, kita ngasih coklat atau bunga sama pohon? Perwujudan berkasih sayang sama tumbuhan dan pepohonan bisa dilakukan dengan tidak mencabuti atau menebang dengan sembarangan dan tanpa alasan. Semua pepohonan itu berguna bagi kelestarian alam dan kesegaran udara di sekitar kita. Bumi ini semakin gersang, panas dan tidak hijau lagi. Sedangkan tumbuhan dan pepohonan selalu butuh waktu cukup lama untuk tumbuh dan membesar, terutama tumbuhan yang berkayu. Oleh sebab itu justru kita semua harus memelihara tumbuhan dan pepohonan di sekitar kita, lewat berbagai cara. Misalnya, gerakan penanaman pohon, atau gerakan perawatan pohon. Merawat tumbuhan bermanfaat di sekitar kita bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan menyiangi tumbuhan tersebut dari gulma, pemupukan tanah dengan dedaunan kering dan sampah organik, dan langkah-langkah lainnya.

Bagi kalian yang hobi menembaki burung dengan senapan angin hanya demi kesenangan, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan keji kalian itu. Bisakah kalian bayangkan, bisa saja burung yang kalian tembak mati itu adalah ibu dari tiga anak burung yang baru saja menetas? Kasihan kan si bayi burung? Mereka menjadi yatim sejak lahir, lalu siapakah yang akan mencarikan mereka makan… memandikan mereka, dan mengajari mereka cara terbang?? Marilah kita berpikir lebih panjang sebelum melakukan kekejaman terhadap makhluk hidup.

Kepada lingkungan di sekitar kita pun, kita dapat menunjukkan kasih sayang, kepedulian dan keadilan kita. Misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, rajin membersihkan selokan di depan rumah kita, turut serta dalam kegiatan warga ketika ada kerja bakti atau gotong-royong, hingga berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan.

Dengan sesama manusia, sudah jelas bahwa kita harus menjalankan prinsip kasih sayang dan keadilan, kepada siapapun juga. Dimulai dari keluarga kita. Kepada orangtua, kita harus menjaga sopan santun, moral dan akhlak kita. Berkata-kata yang baik, sopan dan bermartabat. Jika ada perbedaan pendapat atau ada hal yang tidak kita setujui, katakan itu dengan baik & sopan, jangan sampai menyinggung atau menyakiti perasaan orangtua kita.
Dengan saudara kandung atau saudara di keluarga besar kita pun harus berlaku hal yang sama. Jangan sampai terjadi pertengkaran akibat sesuatu hal yang sebenarnya dapat diselesaikan baik-baik. Kita memang tidak harus dekat atau akrab dengan semua saudara kita, karena sejatinya kita adalah insan manusia yang berbeda-beda juga. Namun yang terpenting adalah jangan sampai terjadi permusuhan, amarah dan dendam di antara saudara.
Dengan kawan-kawan kita semua, terutama di sekolah atau kampus, juga harus menjaga hubungan baik. Sekali lagi, kita tidak harus akrab atau dekat dengan semua orang. Tetapi selama kita dapat menjaga hubungan baik lewat berbagai cara, lakukanlah itu. Kepada yang sedang berkesusahan, minimal luangkanlah waktu dan kebaikan kita untuk mendengarkan mereka. Akan lebih baik bila kita membantu mencarikan solusinya. Masih banyak cara lain untuk mengungkapkan kasih sayang kita kepada kawan-kawan kita.

Inti dari kasih sayang dan keadilan adalah bahwa semua itu harus dimulai dari hati terdalam kita, dengan ketulusan dan keikhlasan yang mendalam, dan didasari dari semangat kasih sayang kita terhadap Allah Sang Pencipta Segalanya. Semua ciptaan Allah, sudah seyogianya kita kasih-sayangi, kita rawat, dan kita jaga. Maka selain kita beribadah secara formal kepada Allah Sang Pencipta lewat cara-cara ibadah yang diajarkan oleh agama & kepercayaan kita masing-masing, kita juga harus mengamalkan ibadah formal kita tersebut lewat berbagai perbuatan nyata kepada seluruh ciptaan Allah, yaitu kepada sesama manusia, kepada hewan, kepada tumbuhan dan kepada lingkungan hidup di sekitar kita.

 

Bahasa sederhananya, prinsip kasih sayang yang kita yakini dan amalkan, harus bersifat 360 derajat, yaitu mencakup arah horisontal dan vertikal. Ke atas adalah kepada Allah, ke samping adalah kepada semua ciptaan-Nya, dan ke bawah adalah kepada lingkungan dan bumi yang kita pijak ini.

 

By. A’Iki (Presiden Cakep Indonesia)

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP