Menu

Komunitas CAKEP Solo Gelar Pelatihan Menulis

WhatsApp Image 2018-04-23 at 20.28.35
“Bila kalian ingin menjadi pemimpin besar menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator.” Cuplikan kata-kata salah satu pahlawan nasional Hos Cokroaminoto mengawali materi yang disampaikan oleh penulis lokal Asri Istiqomah pada acara pelatihan menulis yang diadakan oleh Komunitas Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) bertajuk Bincang Asyik bareng Penulis Keren “Pelajar Berani Nerbitin Buku” di Dapur Sphere Solo, Sabtu, 21 April 2018.

Pada acara tersebut Asri memotivasi kepada peserta yang terdiri dari para pelajar di Solo tentang pentingnya menyebarkan kebaikan melalui tulisan. “Kebaikan yang dituliskan akan bisa lebih memberikan manfaat di masa yang lebih lama,” kata dia. Asri juga mengatakan bahwa menulis memiliki banyak keuntungan di antaranya bisa membuat pintar, kaya, dan menjadikan populer. “Banyak bintang-bintang tenar yang mengawali karirnya dari menulis, seperti Asma Nadia dan Andrea Hirata,” jelas Asri. Selain itu, lanjutnya, menulis juga bisa menyebabkan lebih sehat dan awet muda. “Dan yang paling penting adalah menulis sangat efektif digunakan sebagai sarana menyebakan kebaikan,” tandasnya.

Sementara itu pembicara kedua Lia Sukmawati lebih banyak menceritakan pengalaman jatuh bangun dalam menerbitkan karya fiksi di penerbitan indie sehingga peserta bisa mengambil pelajaran semacam agar tidak tertipu ISBN ilegal. Berbeda dengan Asri, Rayaly Sukma senang mengguluti karya fiktif yang lebih membebaskan imaginasinya. Manfaat yang sangat ia rasakan berkat menulis adalah mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 secara gratis di Pascasarjana UNS setelah Novel “Runtuhnya Istana Tuhan” diterbitkan.

Terkait dengan Cakep, Rani Arba’ati salah satu coach Cakep yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa Cakep adalah komunitas yang mengajak pelajar untuk berbagi kebaikan. “Kali ini kami ingin mengajak pelajar untuk berbagi kebaikan dengan menulis. Apalagi sekarang fokus Cakep adalah mengajak pelajar melek literasi,” urai Rani.
Harapannya, ke depan akan ada gerakan-gerakan kebaikan yang lahir dari rahim pelajar. (end)

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP