Menu

Lakukan 9 Hal Berikut Sebelum Masuk Ruang Tes SBMPTN

cakep-sbmptn

Hari ini, Selasa (8/5/2018) para pelajar akan berjuang untuk mendapatkan satu di antara ribuan kursi yang disediakan oleh perguruan tinggi. Ya, hari ini akan diadakan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Sebuah seleksi yang menjadi gerbang awal seseorang meraih mimpi dan cita-citanya. Babak belur dapam memahami seluruh materi akan diakhiri. Seleksi ini amat ketat, sebagaimana dilansir oleh zenius.net hanya sekitar 15-17% pendaftar SBMPTN yang diterima masuk ke perguruan tinggi.

 

Buat kalian yang mau ikutan SBMPTN perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum masuk ruangan.

Bangun Pagi, yaps ini adalah hal pertama yang harus kalian lakukan. Jangan sampai kalian terlambat mengikuti seleksi hanya gegara terlambat bangun. Meskipun hari ini kalian akan menghadapi soal-soal yang maha tralala ada baiknya tidak bergadang sebelum hari H. Agar badan jadi lebih fresh dan bisa bangun lebih pagi.

 

Berdoa, Sebelum menuju tempat seleksi atau mengerjakan soal ada baiknya kalian berdoa. Memohon kemudahan dari Tuhan. Mintalah agar kehendak kalian dipertemukan dengan kehendakNya. Diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga menjadi sebab lulusnya kalian dalam seleksi ini.

 

Minta doa restu dari kedua orang tua. Konon, doa kedua orang tua itu langsung menembus langit. Mintalah doa restu sebelum masuk ruangan. Sampaikan betapa doa mereka adalah penguat bagi kalian dan memberikan tambahan kepercayaan diri dalam mengerjakan soal.

 

Meminta maaf kepada orang-orang. Yaps ini juga bagian penting. Siapa tahu ada doa kita yang tidak sampai karena masih ada beberapa orang terdzolimi oleh sikap atau perkataan kita. Mintalah maaf kepada rekan dan handai tolan.

 

Lakukan Satu Kebaikan. Kenapa? karena siapa tahu kebaikan yang kita lakukan menjadi sebab Allah mengabulkan permintaan. Misalnya, sebelum berangkat seleksi kalian memberikan makan kepada kucing di jalan. Atau mengisi kotak amal mushola, menyingkirkan batu di tengah jalan. Pokoknya lakukan kebaikan apapun itu, sekecil apapun itu.

 

Sarapan. Ini antara penting dan ga penting, tapi lumayan penting. Jangan sampai saat mengerjakan soal cacing dalam perut berubah menjadi naga karena rasa lapar melanda. Sarapanlah dengan gizi yang berimbang agar diberikan kekuatan dalam mengerjakan soal yang ada.

 

Relaksasi. Terkadang hasil belajar sekian lama hilang begitu saja karena rasa tegang memasuki ruang jiwa. Sebelum memasuki ruangan tenangkan pikiran dan lakukan sedikit gerakan untuk merelaksasi tubuh. Atur nafas hilangkan ketegangan. Ketenangan dalam menghadapi SBMPTN adalah seperempat dari keberhasilan.

 

Cek Semua Perlengkapan. Yups, sebelum berangkat cek terlebih dahulu semua perlengkapan yang dibutuhkan selama SBMPTN. Dilansir dari sbmptn.ac.id perlengkapan yang perlu dibawa antara lain: kartu tanda peserta ujian, fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah, pensil hitam 2B secukupnya, rautan pensil, karet penghapus yang bersih dan lunak, dan ballpoint hitam.

 

Pastikan tidak salah ruangan. Nahhh setelah 7 persiapan di atas sudah dilakukan ga lucu kan kalau ternyata kita salah ruangan. Pastikan ruangan kalian adalah ruangan yang benar untuk pelakukan SBMPTN.

 

Semoga kalian berhasil, dan SBMPTN ini menjad gerbang awal untuk kalian menapaki cita-cita dan semua mimpi.

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP