Menu

MENGEMBANGKAN POTENSI ALA SMASA TEMANGGUNG

Acara tahunan yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Temanggung dalam rangka memperingati kelahiran seorang pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita yaitu Raden Ajeng Kartini ini disambut meriah oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Temanggung. Meski acara SMASA Kartinian dan Amantara dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 April 2015, namun antusiasme para siswa dalam mengikuti acara tersebut patut diacungi jempol. Berbagai macam acara dan perlombaan antar kelas yang diselenggarakan sangat relevan untuk melatih kebersamaan, kekompakan, dan kekreatifitasan siswa, karena jenis lomba yang diadakan mayoitas merupakan lomba perkelompok yang terdiri dari beberapa orang, sehingga membutuhkan kekompakan antar anggota kelompok tersebut.

Adapun acara pada hari pertama adalah pemilihan Mas Mbak SMA Negeri 1 Temanggung tahun 2015. Tiap kelas mengirimkan sepasang peserta untuk mewakili dalam pemilihan tersebut. Acara pemilihan Mas Mbak ini diselingi dengan dentingan merdu nan harmonis alat-alat musik dari grup akustik tiap kelas yang menampilkan beberapa judul lagu dari Indonesia dan juga lagu-lagu daerah, sehingga siswa mampu mengkreasikan lagu dengan arrangesement yang berbeda-beda.

Dalam pemilihan Mas Mbak tersebut, para kandidat mendapatkan sebuah pertanyaan pada penyelisihan tahap pertama. Kemudian pada peringkat 5 besar Mas Mbak SMA Negeri 1 Temanggung diperkenankan untuk menunjukkan bakatnya, seperti menyanyi, menari, membaca geguritan, bahkan memainkan biola. Dan pada akhir acara diumumkan secara langsung pemenang dari Mas Mbak SMA Negeri 1 Temanggung tahun 2015, yaitu Dinda Lourensia Habibah (Perwakilan dari kelas XI SOS 1) yang menggantikan Rizka Brilianing Ardyana, dan Ardhiansyah Nur Ilham (Perwakilan dari kelas X SOS 2) yang menggantikan Dimas Hanung Pamungkas.

Sedangkan pada hari kedua diselenggarakan acara Art Music Festival From SMASA for Nusantara atau Amantara yang berisi berbagai macam lomba yang sangat mengasah kemampuan siswa untuk berkarya dalam berbagai cabang seni. Lomba-lomba yang diadakan diantaranya adalah band, seni kriya yang memanfaatkan bahan organik dan non-organik, dengan beberapa perwakilan kelas untuk ikut berpartisipasi.
Ada juga pementasan berbagai macam tarian daerah di Indonesia dengan membagian kelas secara random atau acak antara kelas X dan kelas XI. Siswa-siwi SMA Negeri 1 Temanggung dapat membawakan pementasan Tari Kecak dari Bali, Tari Saman dari Aceh, Topeng Ireng dari Jawa Tengah, dan Sorengan dari Jawa Tengah dengan sangat menarik sehingga membuat decak kagum para penonton. Selain itu terdapat perlombaan wall art, yaitu melukis gambar dengan tema lingkungan hidup dengan media cat tembok pada tembok bagian dalam lapangan SMA Negeri 1 Temanggung.

Dari perlombaan Amantara ini diambil 3 pemenang dalam setiap lomba yang diadakan. Pemenang dari perlombaan band antar kelas adalah X MIA 5, X MIA 2, dan X MIA 6. Pemenang dari perlombaan seni kriya adalah XI MIA 2, X MIA 3, dan XI MIA 4. Pemenang dari perlombaan Tari antar partner kelas adalah Tari Topeng Ireng (XI MIA 1 dan X SOS 2), Topeng Ireng (XI MIA 2 dan X MIA 2), dan Tari Saman (XI SOS 2 dan X MIA 3). Sedangkan pemenang dari lomba Wall art adalah XI MIA 2, XI SOS 2, dan XI MIA 3.

Acara ini berjalan dengan koordinasi yang baik antar anggota panitia dari OSIS Citta Òªundara Karya sehingga event semacam ini sangat baik untuk meningatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan kemampuan yang dimilikinya, mengapresiasi hasil-hasil karya seni, melestarikan kebudayaan asli yang dimiliki oleh Indonesia, melatih kekompakan antar individu, serta menambah keharmonisan antar kelas bahkan antar angkatan.

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP