Menu

Seblak, Pedesnya Bikin Nagih

seblak

Kalo terpaksa mesti jajan dikantin sekolah.. kira-kira beli jajanan apa yaa? Nah aku  mo kasih tau nih, ada  jenis jajanan sekolahan namanya seblak (hah… apa??? Sebab?? Apaan tuh??.. #lebay)

 

Pertama yang perlu kamu-kamu ketahui, seblak itu adalah termasuk jajanan cepat saji (halah… kayak restoran ajah) yap betul, karena begitu kita pesan, saat itu pula baru diracik dan secepatnya disajikan kepada kita, nah kalo pas antriannya panjang trus waktu istirahatnya udah mepet udah mau bel masuk kelas,  aku sarankan.. jangan beli jajanan ini. Bisa-bisa pas kamu pesen, trus pas mo disajikan kehadapan kamu eh pas bel masuk kelas.. nah gak jadi makan deh (this is what we call… apeess… #lol)

 

Buat kamu-kamu yang ada diluar pulau Jawa, tau gak jenis makanan ini? Aku belum pernah temuin jajanan seblak di Kalimantan Timur, karena…. Aku belum pernah kesana.

 

Seblak ini jajanan yang konon mulai dipopulerkan di daerah Bandung, aku gak tau pasti asal muasalnya, dan aku juga gak terlalu peduli dari mana asalnya. Cuma kalo kita lihat gerobak abang tukang seblak, maka seringkali tertulis “Seblak Bandung”. Jadi asumsi aku, seblak berasal dari Bandung (betul gak yaa?? Googling sendiri ajah yaa…)

 

Apa itu seblak? Pada intinya seblak itu adalah makanan berisi krupuk udang yang sudah direbus setengah matang, lalu disiram dengan kuah yang bermacam-macam isinya. Bahkan seblak yang awal mulanya cuma kerupuk udang sekarang sudah berevolusi menjadi seblak macaroni, seblak ceker, seblak jamur, seblak otak-otak (entah akan ada variasi apalagi didaerah kamu??) Ciri khas seblak terletak pada kuahnya, atau Bahasa chef-nya “sauce” , bumbu-bumbu kuah itu dibuat dari bahan-bahan yang gurih dan biasanya pedas.

 

Nah satu hal yang perlu kamu ketahui dari bahan-bahan  bumbu seblak adalah bahwa kebanyakan yang digunakan adalah bahan penguat rasa atau penyedap rasa. Selain ada bumbu-bumbu lain, bahkan terkadang rasa pedasnya juga didapatkan dari bubuk cabai instan. Jadi saran aku, kamu-kamu yang suka makan seblak, jangan terlalu sering dan terlalu banyak makannya, karena bumbu-bumbu instan tersebut bisa merusak kesehatan kita.

 

Tapi masalahnya… biasanya justru bumbu-bumbu itulah yang menyebabkan rasa enak gurih dan maknyooss pada jajanan seblak tersebut. Pedesnya makjleb, gurihnya nikmat, bikin mata merem melek sampe gak inget kalo tadi ulangan matematika banyak yang salah jawabnya. Apalagi ditambah selesai makan seblak, minumnya es teh manis, wow serasa makan berduaan dengan si dia dibawah menara Eiffel di Paris (halahh… ngaco nih pikirannya)

 

Dengan bahan utama adalah krupuk udang, seblak biasanya diisi dengan bahan tambahan seperti sedikit sayuran, potongan bakso, sosis, bawang Bombay. Beberapa varian memasukkan ceker ayam, jamur, potongan tulang ayam, bahkan ada yang menawarkan potongan kepala ayam. Semuanya disajikan dalam mangkok berisi kuah kental berwarna kemerahan dengan rasa pedas yang menggiurkan. Rasanya kurang “afdhol” kalo makan seblak tapi gak pakai pedas level. Makanya sebelum makan seblak ini, siapkan pula tisu yang banyak, atau saputangan yang bersih (efek pedas biasanya hidung menjadi sering “meler”…)

 

Makan seblak enaknya sambil ngobrol dengan temen-temen, jadi ajak temen-temen kamu buat ikutan beli seblak, karena sewaktu disajikan dihadapan kita, masih ngebul panas, nah makannya sedikit-sedikit, sambil diseruput kuahnya, sambil nunggu agak dingin bisa sambilan ngobrol deh. Omongin tugas kelompok, atau rencanain ekskul bareng.

 

Buat kamu-kamu yang cewek smart, dan sholilah pula.. aku yakin setelah tiga sampai lima kali beli seblak, pasti kamu udah bisa bikin sendiri dengan resep kamu sendiri, dan tentunya bisa buat jajanan seblak menjadi lebih sehat. Percaya deh.. kamu pasti bisa, dan kamu bisa menikmati seblak yang sehat kapan saja kamu mau dirumah. Kamu-kamu yang cowok ganteng, smart dan sholeh juga bisa kok makan seblak yang lebih sehat dan lebih nikmat tentunya.

 

Mudah banget… tinggal bilang ke bunda kamu dirumah.

“Bunda cantik… buat menu seblak dongg, kan kalo bunda yang buat pasti enaakk bangett… plisss!!”

(note: don’t try this at home!!!! #lol)

 

by. Coach Heru

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP