Menu
ade_osn-800x501

Siswa Tuna Daksa Membuat Es Krim Kulit Pisang

Yogyakarta – Jika bagi sebagian besar orang kulit pisang termasuk sampah yang harus dibuang, maka itu tidak berlaku tidak bagi Ade Sri Wahyuni. Bagi peserta OSN dari SKH Negeri 01 Pembina Pandega Banten ini kulit pisang dapat dibuat menjadi es krim.

Bahan utama yang digunakan Ade adalah kulit pisang, dan bahan tambahannya adalah gula, air, susu krim, wp krim dan cmc. Ade juga menjelaskan pembutan Ice cream ini juga cukup mudah. “Kulit pisang dicuci dan dipotong-potong kemudian di blender selama 10 menit lalu di mixer. Setelah itu dicampur dengan bahan tambahan tadi dan dimasukkan ke dalam ice cream maker dengan suhu minus 5 derajat celcius selama 1 jam,” jelas Ade.

Siswa tuna daksa ini menjelaskan bahwa jenis kulit pisang yang dimanfaatkan sebenarnya bisa pisang apa saja, tapi kali ini Ade menggunakan jenis kulit pisang ambon sunrise yang sudah banyak di pasaran. “Nantinya kita juga akan mengembangkan dan meneliti semua jenis kulit psang yang akan dipakai untuk membuat ice cream,” lanjutnya Ade.

Riny Kusniawati, S.Pd, pembina ade, mengatakan bahwa tidak ada kendala yang cukup berarti dan persiapan sebelum menuju OSN ini selama 3 bulan sebelumnya. “Ade itu sangat semangat anaknya dan mandiri, jadi kami hanya memotivasi dan lebih menyemangatinya”, terang Rini.

Hasil penemuannya tersebut dipamerkan di Lobby Hotel Quality, temapat berlangsungnya untuk cabang Karya Ilmiah PKLK Dikmen, Kamis (21/5).

Ade berharap karya ilmiahnya bisa bermanfaat. “Mudah-mudahan karya ilmiah saya ini bermanfaat dan dikembangkan serta berguna bagi orang lain”, kata Ade sambil tersenyum. (Andi) Sumber: http://edupost.id

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP