Menu

Suara Hati Menjelang Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89

curcol cakep

Gaes, peradaban jaman dan teknologi terus berkembang, pun sumber daya manusianya. Ada yang semakin melejit menjadi manusia yang unggul dan ada yang sebaliknya, khususnya para pelajar (remaja). So, how about you?

Mari kita sedikit bernostalgia!
Delapan puluh sembilan tahun yang lalu (lama banget yak?!), para pemuda negeri ini disibukkan dengan konggres (semacam rapat gitulah bahasa sederhananya). Trus apa sih yang mereka diskusikan? Bukan tentang baju model terbaru, artis siapa yang lagi naik daun, apalagi masalah putus cinta tentunya, tetapi mereka mendiskusikan masa depan negeri ini. Keren kan? Lha kita?
Guys, dari hasil konggres itulah lahirlah sebuah keputusan yang akrab dikenal dengan Sumpah Pemuda. Nah, sumpah pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaaan Indonesia . Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut yaitu :
1). Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu , Tanah Indonesia .
2). Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu , bangsa Indonesia .
3). Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia .

Nah, setelah sedikit bernostalgia , apakah selanjutnya kita akan melupakan atau berpura-pura lupa? Sumpah Pemuda harusnya menjadi spirit buat kita, para kids jaman now, untuk menjadi kids yang punya peran dalam membangun negeri tercinta ini. Kalaupun kita ngga bisa berbuat macam para tokoh dalam sumpah pemuda setidaknya kita tidak menambah daftar citra buruk kids jaman now di negeri ini.
So, tunggu apalagi? Let’s move for be better than yesterday.
By :JennySugiman
CakeperSukabumi

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP