Menu

Yuk… Budayakan Jajan Jajanan Sehaaat!

 

jajanan-sehat-cakep-indonesia

Kalian pernah denger  ada pepatah ngomong gini, “Di dalem tubuh yang sehat terdapat jiwa & raga yang sehat.”? Ada lagi satu semboyan, “Rakyat sehat, negara kuat.” Udah dua pepatah yang ngomongin soal kesehatan, jadi pasti deh kesehatan itu merupakan sesuatu yang sangat penting buat kita perjuangkan dan jaga.

 

 

Ah masa sih sehat itu penting? Lebih penting mana sama punya duit? Kan percuma juga sehat kalo nggak punya duit. Ishhh… ini orang perlu di instal ulang deh otaknya kalo mensandingkan antara sehat sama uang. Soalnya itu dua hal yang sama-sama pentingnya. Kalo kita sakit, uang segunung Agung juga bisa abis, kan? Sebenernya pikiran kaya begitu logis aja sih. Yang parah itu kita nggak sehat dan nggak punya duit juga (wkwkwk)

 

 

Coba deh kalian cari di Internet, kisah-kisah orang super-kaya yang hidupnya berakhir karena sakit parah. Emangnya mereka bahagia karena banyak duit? Nggak lho… Di ranjang Rumah Sakit, mereka selalu nyesel & ngarep kalo mereka bisa sehat supaya bisa menikmati kekayaan mereka. Satu lagi… Kalo kita sehat tapi nggak punya duit, udah pasti kita bisa ngerjain apapun dengan baik, sehingga bisa menghasilkan duit. Yuk cari aja, mana ada kantor yang mau nerima karyawan yang sakit-sakitan buat kerja bareng mereka kan?

 

 

So, semoga kalian sekarang paham, betapa pentingnya kesehatan itu buat kita semua, nggak peduli apakah kita lagi punya duit atau nggak punya duit. Kesehatan tetep yang paling utama.

 

 

Nah, cara ngejaga kesehatan itu gimana? Yang paling gede pengaruhnya ya dari gaya hidup kita, terutama makanan. Kalian doyan sayuran, kan? Apa kalian doyan buah-buahan? Atau kalian lebih doyan jajanan di sekolah kalian? Atau lebih doyan makan makanan macem ayam goreng upin ipin, pizza, burger dan macem-macem junk food laennya?

 

 

Ini bukannya ngelarang kalian jajan lho, guys…. Tapi supaya kita bisa terus sehat sampe tua, yang namanya jajan itu harus diatur dan dijaga. Maksudnya diatur tuh, jangan sering-sering. Misalnya dalam seminggu, 5 harinya kalian makan makanan sehat di rumah atau bawa bekal ke sekolah. Sabtu-Minggunya boleh deh makan di luar atau jajan di sekolah.

 

 

Sedangkan maksudnya dijaga tuh, kalian harus bener-bener milih makanan atau minuman yang kalian jajanin itu. Kalian harus tahu bener apakah itu jajanan dibikinnya bersih atau nggak. Contohnya tuh mie ayam. Biasanya kan banyak orang yang suka makan mie ayam pake saos yang disediain sama penjualnya. Nah, mie ayamnya sebenernya nggak masalah, yang masalah tuh saosnya itu. Mereknya nggak jelas, dan standar keamanan pangannya pun nggak ada jaminan.

 

 

Boleh-boleh aja koq makan mie ayam, tapi nggak usah pake saosnya. Sering-sering makan saosnya bisa bikin sakit perut, malah bisa bikin kanker. Ngeri kan? Kalo emang kalian suka pake saos di mie ayam, gampang koq, bawa aja sendiri dari rumah, pake saos tomat favorit kalian yang model sachet, tetep praktis. Jelas lebih higienis & ada standar keamanan pangannya yang diakuin sama Departemen Kesehatan. Misalnya cakueh atau cireng, kalian harus yakin saosnya dibikinnya pake bahan apaan aja. Jangan sering-sering beli bakso yang murahan. Kita nggak tau persis kan itu bakso dibikinnya pake apa supaya jadi gede, kenyal tapi murah begitu.

 

 

Baru-baru ini juga ada video yang beredar, yang ngasih liat petani cabe lagi nimbun cabe busuk di gudang yang penuh sama tikus ngerubutin cabenya. Tikus-tikus itu bukannya diusir, malah dibiarin aja. Nanti itu cabe busuk dibikin jadi cabe kering, kita nggak tau lho, apakah itu udah termasuk sama kencing dan kotoran tikus. Tahu sendiri kan, kencing & kotoran tikus itu sumber penyakit yang bahaya banget, mengandung banyak bakteri & virus.

 

 

Jadi, ya kalian renungin aja… udah seberapa peduli dan seberapa sayang sama tubuh kita ini? Sehat itu murah dan nggak ribet guys, kalo kita paham caranya ngejaga kesehatan. Nah, kalo kita lalai ngejaga kesehatan dan makan sembarangan terus, nantinya kesehatan bakalan jadi barang mahal buat kalian. Belom lagi sama susahnya kalo pas sakit. Pelajaran banyak ketinggalan, dan nggak bisa maen bareng temen kan?

 

 

Jangan lupa juga kalo hidup kita semua ini masih panjang. Jangan kepikiran masa sekarang doang, semua jajanan favorit yang nggak sehat dilahap abis-abisan. Okey lah masa muda kalian tetep sehat. Tapi kalo ternyata nanti pas masa tuanya yang sakit, lebih nggak enak lagi kan? Biasanya yang suka jajan serampangan dan berlebihan, masa tuanya bakalan kena penyakit lever, ginjal, jantung, kolesterol, diabetes, dan banyak lagi deh penyakit aneh-aneh laennya. Seremmm…

 

 

So, bukannya nggak boleh jajan sama sekali ya guys. Jajan boleh koq, tapi kalian harus ngatur & ngejaga jajanannya. Bakalan lebih sehat kalo kalian makan makanan dari rumah. Kalopun pengen jajan, harus paham banget sama bahan & kebersihan jajanan kalian itu. Kalo ragu sama bahan & kebersihannya, bisa bawa misalnya saos dari rumah, atau pindah aja ke tempat jajanan yang lebih pasti sehatnya, kebersihannya dan kualitas bahan-bahannya.

 

 

Kalian adalah generasi penerus bangsa ini. Rakyat sehat, negara kuat. Kalo kalian sakit-sakitan mulu gara-gara makanannya nggak bener semasa muda, ribet kan?

 

By. A’ Iki (Presiden Cakep Indonesia)

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP