Menu

13 PEKERJAAN YANG BISA DILAKUKAN OLEH LULUSAN SMA

13 pekerjaan lulusan sma

USBN dan UNBK sudah menyapa para pelajar SMA. Setelah itu akan dihadapkan dengan dua pilihan, melanjutkan kuliah atau bekerja. Pada bab kedua masalah ini komunikasi antara kita dengan kedua orang tua sangat dibutuhkan. Mengingat biaya kuliah yang tiddak sedikit, kecuali jika kita mendapatkan beasiswa. Tak jarang lulusan SMA tidak dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya karena terbentur biaya.

Buat kalian yang setelah lulus SMA kemudian tidak bisa melanjutkan kuliah atau gap year ada banyak loh pilihan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan SMA. Simak penjelasan berikut ini

1. CUSTOMER SERVICE

Customer service tu orang yang bertugas menerima keluhan atau menjelaskan beberapa hal kepada pelanggan. Cukup memahami sedetail-detailnya mengenai produk atau jasa yang diberikan perusahaan maka kamu bakal jadi CS idaman pelanggan.

Banyak loh perusahaan yang menerima lulusan SMA sebagai CS. Gaji sebagai CS juga sesuai UMR, cukuplah kalau mau dipakai buat beliin kerupuk satu RT.

2. PENULIS

Pekerjaan yang tidak menuntut kepada seseorang sebuah ijazah, tetapi lebih kepada kemampuan. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Pernah liat berita seorang pemandu wisata yang menguasai banyak bahasa karena rajin membaca? Nah, kalian yang lulusan SMA dan banyak refrensi bacaannya penulis menjadi salah satu alternatif profesi yang dapat dipilih. Penulis disini tidak melulu menjadi penulis buku, bisa jadi penulis opini di koran, artikel di majalah, atau menjadi penulis di website.

3. FREELANCE

Bekerja lepas. Ini menuntuk keahlian tertentu. Biasanya sih freelance yang banyak dicari itu desain grafis dan menulis. Kalau kalian punya salah satu diantara kedua keahlian ini freelance mungkin pilihan tepat. Banyak banget situs yang memberikan informasi mengenai freelance. Cari aja bejibun di mesin pencarian.

4. ONLINE SHOP

Menghasilkan uang bermodal gadget. Siapa saja bisa melakukan, anak SD juga bisa. Berjualan online. Tinggal pilih nih, mau jualan di marketplace atau lewat akun sosial media yang kita miliki. Nggak harus punya produk juga kok, bia jadi reseler atau agen produk tertentu. Asal telaten pekerjaan ini bukan sekadar menghidupi diri sendiri tapi juga orang lain.

5. Anak Buah Kapal

Pernah denger istilah ngelayar? Nah, ternyata lulusan SMA juga bisa lho kerja di pelayaran dengan menjadi ABK atau Anak Buah Kapal. Setelah lulus SMA bisa ikut pelatihan menjadi ABK dan kalian pun akan ikut berlayar mengelilingi samudra. Gajinya lumayan guedhe lho. Bayarnya bisa pakai dolar jika kapal layar yang diikutin sudah jalur luar negeri. Padahal ga cuma gaji pokok yang didapetin, masih ada tunjangan dan bonus-bonus jugak. Ga heran kan kalau ada orang yang kerja di pelayaran bisa membangun rumah mewah atau punya modal usaha besar. Tugas yang dilakukan saat di atas kapan antara lain koki, janitor atau tukang bersih-bersih, dan teknisi.

6. PENGAJAR BIMBEL

Salah satu temen mimin yang lagi Gap Year membuka les-lesan untuk anak TK dan SD di rumahnya. Dan lumayan loh, kalau saja yang datang 20 anak dengan sekali pertemuan bayar 5 K maka dalam sehari bisa menghasilkan 100 K. Lumayan kan?

7. SALES MARKETING

Eits…jangan underestimate dulu sama profesi ini. Berat sih memang soalnya ada target penjualan dari perusahaan tapi nggak seberat rindu kalau kata Dilan. Gaji memang tak seberapa, tapi bonus dari tiap penjualan tidak terbatas. Untuk menjadi sales marketing sukses yang perlu dilakukan adalah mempelajari seluk beluk barang dan menggunakan jurus-jurus jitu dalam “merayu” calon costumer.

8. MASINIS

Coba deh buka Google kemudian cari “rekruitmen KAI” kamu bakal nemuin syarat untuk mendaftar di KAI memiliki ijazah SMA. So? Ikutin terus akun-akun PT KAI biar pasa ada bukaan untuk SMA bisa langsung cuss.

9. PNS

Nah…ini pasti mikirnya kudu berijazah S1. Padahal banyak banget instansi yang membuka formasi CPNS dengan lulusan SMA. Misalnya di Kementrian Hukum dan HAM. Formasi sebagai sipir penjara banyak banget. Cari deh kalau nggak percaya.

10. PRAMUGARI

Jalan-jalan gratis, begitu bayangan pertama saat denger pekerjaan sebagai pramugari. Ternyata untuk jadi pramugari bisa juga lulusan SMA loh.. Mau? daftar ajaah.

11. ARTIS

Ini nih, pekerjaan menterang dan penuh dengan sorot kamera. Menjadi orang terkenal dengan berbekal bakat dalam seni peran. Kalau kalian merasa jago berakting atau pas SMA ikutan ekstra teater boleh nih dicoba buat ikutan audisi atau casting di beberapa rumah produksi.

12. YOUTUBER/V-LOGGER

Hobi yang dibayar. Gitu kali ya ungkapan yang rada pas buat para Youtuber atau V-logger. Pastikan kalian punya kuota yang lumayan dan sambil belajar tentang edit vidio. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas tinggi. Cari konten yang menarik dan sesuai segmen yang pas biar dapetin subcriber banyak. Semakin banyak subcriber dan viewer maka uang pun akan mengalir dengan sendirinya.

13. SELEBGRAM

Anak zaman now pastinya akrab banget dong ya sama yang namanya instagram. Mimin jamin sebagian besar pasti punya akun instagram. Daripada instagram cuma guna buat kepoin gosip artis mending dimanfaatin buat nyari uang. Yaaps jadi selebgram. Buat aja konten-konten kreatif terus di upload di akun kamuh. Kalau folower udah ada 1K dan interaksi dengan folower banyak maka sudah saatnya kalian menawarkan diri buau jadi endors produk-produk tertentu.

Itu tadi 13 pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan sama lulusan SMA. Kalau emang kalian masih pengen banget kuliah, pekerjaan yang kalian pilih hasilnya bisa dijadikan modal untuk biaya kuliah. Lagian, sekarang nggak sedikit juga kampus yang membuka kelas khusus para pekerja. So, jangan pernah lelah buat berjuang dan belajar ya, Gaes. Ganbate!

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP