Menu

Pemilih Pemula Kudu Baca! Tata Cara Pemberian Suara Pemilu 2019

tata cara pemberian suara

Nice Inpoh nih, Gaes… buat kalian para pemilih yang baru pertama banget ikutan nyoblos di event lima tahunan. Mimin Cakep yang baik hati tiada tara nananana ini mau berbagi informasi ke kalian mengenai tata cara pemberian suara pada tanggal 17 April 2019 nanti. Kalau buat emak-emak atau babe-babe pastinya kegiatan memberikan hak suara tuh udah hafal ya, hanya saja buat kita remaja tanggung nan imut tiada tara pastinya butuh tahu hal apa saja yang akan kita lakukan di TPS.

 

Dalam peraturan KPU sudah dijelaskan dengan sangat gamblang tata cara pemberian suara. Gini nih kalau mimin rangkum dari berbagai sumber mengenai tata cara pemberian suara.

 

1. Datang Ke TPS

Ini mah udah jelas pake banget. Kalau kalian mau jadi warga negara yang baik datanglah ke TPS untuk memberikan hak suaramu.

 

2. Menyerahkan KTP dan C6 kepada petugas

Kartu C6 tu macam undangan buat nyoblos buat para pemilih. Dikasih sama PPS tempat memilih. Kalau menurut Undang-undang maksimal 3 hari sebelum hari H kartu C6 sudah diterima oleh kita. Penyerahan dua dokumen ini untuk membuktikan bahwa kita telah terdaftar di DPT

3. Antri

Setelah mendaftarkan diri ke petugas PPS kita nggak bisa langsung dapat kertas suara, kecuali pas sepi sih. Kita musti duduk dulu di tempat tunggu untuk dipanggil oleh petugas.

 

4. Menerima Surat Suara dari Petugas

Setelah antri, nama kita akan dipanggil oleh petugas. Segera bergegas menuju sumber suara. Disana kita akan diberi lima kertas suara. Pastikan kertas suara yang kita terima bertanda tangan KPPS. Jika menemukan kertas suara kita belum ditanda tangani oleh ketua PPS segera ajukan laporan kepada petugas.

5. Menuju Bilik Suara

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Yuhuu setelah kertas suara kita dapatkan kita segera meluncur ke bilik suara yang sudah disediakan.

 

6. Membuka Surat Suara

Kertas suara yang kayaknya ukurannya itu gede kita buka di meja yang berada di bilik suara. Kita amati dengan baik daftar calon yang akan kita pilih.

7. Mencoblos dengan paku di atas alas

Nah, kalau sebelumnya kita sudah yakin dengan pilihan kita maka segera coblos kertas suara tersebut dengan menggunakna paku yang sudah disediakan.

 

8. Melipat Kartu Suara

Kewajiban kita memberikan hak suara sudah dilakukan dengan mencoblos. Setelah itu, kertas suara yang sudah kita buka kita lipat kembali seperti sedia kala. Pokoknya tu lipatan kertas kudu memperlihatkan tanda tangan KPPS.

 

9. Memasukkan surat suara ke kotak suara secara berurutan

Setelah semua kertas suara sudah kita coblos dan dilipat kembali kertas suara tersebut dimasukkan ke dalam kotak sesuai jenis pilihan kita. Dimasukkan secara berurutan. Biasanya sih petugas akan memandu kita memasukkan kertas tersebut. Adapun urutan dalam memasukkan kertas adalah sebagai berikut.

  1. Surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
  2. Surat suara untuk Pemilu DPR
  3. Surat suara untuk Pemilu DPD
  4. Surat suara untuk Pemilu DPRD Provinsi
  5. Surat suara untuk Pemilu DPRD Kabupaten

 

10. Mencelupkan salah satu jari ke botol tinta

Membirukan jari dengan tinta adalah sesi pualing akhir. Masukkan salah satu jari ke dalam botol. Pastikan seluruh kuku tercelup tinta.

 

Dengan sepuluh langkah tadi kamu sudah turut serta berikhtiyar memperbaiki masa depan negeri ini. Makanya sebelum memilih kalian sudah kenal dan punya alasan kuat mengapa memilih orang tersebut. Meskipun pemilih pemula, tapi masalah memilih pemimpin jangan pernah coba-coba.

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP