Menu

Pengen Golput? Ini Loh Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Golput

alasan tidak golput

 

Golput alias golongan putih menjadi salah satu istilah populer saat pemilu datang. Istilah ini diperuntukkan bagi mereka-mereka pemilik hak suara yang tidak menggunakannya. Alasannya sih banyak ragam mulai dari males, nggak ngaruh, dan lain sebagainya. Etapi, tulisan mimin kali ini nggak akan bahas tentang alasan orang-orang pada golput, melainkan alasan-alasan yang menguatkan kalian biar pada menggunakan hak suara yang dimiliki.

 

Okay, ini nih beberapa alasan kenapa kalian nggak boleh golput.

1. Suara kalian menentukan nasib bangsa

Inilah alasan yang menguji nasionalisme-mu. Bagaimana kita tidak larut dalam masalah pribadi akan tetapi sesekali memikirkan nasib bangsa kedepan. Coba deh, sesekali mikirin bagaimana kondisi bangsa kita saat ini. Kira-kira butuh hal yang kayak apa sih biar masalah itu bertemu dengan solusinya. Renungin lagi, maka kalian akan menemukan bahwa berpartisipasi dalam pemilu menjadi salah satu ikhtiyar untuk memperbaiki keadaan bangsa ini.

 

2. Negara udah ngluarin banyak duit, jangan sampai kebuang sia-sia

Tau nggak? Total anggaran dana yang dikeluarkan sama negara kita buat pemilu 2019 ini tuh sebanyak 24.8 triliyun. Bayangkan…Trilyun, Gaes. Banyak banget kan? Kalau mau buat beli kerupuk bisa dapet berkontainer-kontainer. Nah, karena negara udah ngeleuarin dana banyak banget jangan sampai hasil pemilu kita tuh punya kualitas yang jelek. Salah satu parameter pemilu baikĀ adalah banyaknya partisipasi pemilih. Kalau angka golput lebih tinggi dari angka pemilih maka hasil pemilu bakal dipertanyakan.

 

3. Udah nyumbang tambahan hari libur

Asik kan? Di tahun 2019 jadi ada tambahan hari libur hehehe. Negara kita benar-benar ingin seluruh warga negaranya ikutan pesta lima tahunan. Liburanmu bakal berfaedah kalau kalian memanfaatkannya dengan benar. Memanfaatkan liburan sebagaimana tujuan awal liburan itu diadakan. Biar kalian ikutan gunakan hak suara.

 

4. Biar negara ini nggak salah urus

Why? Kok bisa? Ya bisa… dengan kita memilih orang-orang yang kita percayai maka akan mencegah negara ini dari salah urus. Toh, misal menurut kita ngggak ada satupun yang baik, minimal bukan yang terburuk yang akan mengurus negara kita. Satu suara kita akan benar-benar menjadi penyelamat negeri ini. Satu suara kita dapat mencegah orang jahat mengurus bangsa.

 

5. Bakal ngaruh kok buat masa depan kamu

Pernyataan klise adalah, nggak bakal ngaruh kok buat kita. Siapapun pemimpinnya, siapapun anggota dewannya hidup juga cuma gini-gini aja. Kalian salah besar gaes kalau mikirnya kayak gini. Kebijakan yang bakala diambil oleh mereka jelas banget ngarus sama kehidupan kita kelak. Misal, kebijakan tentang UN, kebijakan menjaga stabilitas harga bahan pokok, kebijakan kurikulum pendidikan, dan masih banyak lagi.

 

6. Demokrasi ini kita dapetin nggak gitu aja

Jangan pernah berfikir, Indonesia memiliki sistim negara seperti ini didapatkan dengan cara mudah. Banyak darah tertumpah dan pikiran-pikiran tercurah. Sistim demokrasi di negara kita didapatein nggak dengan gitu aja, banyak perjuangan untuk mendapatkannya.

 

Yuhuu, semoga enam alasan tersebut membuat kalian dapat berfikir ulang untuk tidak golput. Yuk, rame-rame ke TPS, kita gunakan hak suara dan pilih orang-orang terbaik bangsa ini. Mari kita jayakan Indonesia. Merdeka!

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP