Menu

Resensi Film: Life Of Pi

Life-of-Pi-Cakep-Indonesia

 

Oleh: Ulfa Novi Krismantini

Judul               : Life of Pi

Sutradara         : Ang Lee

Produser          :

  1. Ang Lee
  2. Gil Nether
  3. David Womark

Durasi              : 127 menit

Tahun rilis       : 2012

Film bergender drama petualangan saat ini sangat digemari oleh banyak golongan masyarakat . salah satunya adalah “Life of Pi”, film yang tayang perdana pada tahun 2012 dan berdurasi kurang lebih 127 menit ini dibintangi oleh Suraj Sharma dan Irrfan Khan yang berperan sebagai Pi. Film yang disutradarai oleh Ang Lee ini pernah mendapat penghargaan sutradara terbaik pada academy tahun 2013. Film Life of Pi sendiri diangkat dari sebuah novel “Life of Pi” karya Yann Marte pada tahun 2001.

“Life of Pi” bercerita tentang petualangan Piscine Moritol Patel yang menakjubkan. Cerita ini dimulai ketika Pi dan keluarganya berencana pindah ke Kanada karena kebun binatang yang dimiliki keluarganya telah bangkrut. Namun, di tengah perjalanan kapal yang ditumpangi Pi dan keluarganya tenggelam karena badai besar. Hanya Pi yang selamat dari kejadian maut itu berkat sekoci yang berhasil ia naiki. Terombang-ambing Pi di atas sekoci selama berminggu-minggu bersama Richard Parker seekor harimau milik keluarga Pi yang selamat dari badai. Hingga akhirnya Pi dan Richard Parker terdampar di Pantai Meksiko dan di saat itu pula terjadilah perpisahaan antara Pi dengan Richard Parker. Beberapa jam kemudian warga setempat menemukan Pi dan membawanya ke rumah sakit. Bertahun-tahun berlalu Pi sekarang hidup bahagia dengan seorang istri dan dua orang anak.

Penggunaan alur cerita maju dan mundur menambah kesan menarik dalam cerita ini. Pengambilan gambar cukup baik dengan sudut gambar yang unik terutama pada bagian film yang berada dalam air dilengkapi dengan editing dan visual efek yang sangat canggih sehingga gambar terlihat sangat nyata. Walaupun pada beberapa bagian film bahasanya susah dipahami terutama pada awal cerita. Banyak juga kejutan yang ada pada film ini seperti Richard Parker ternyata adalah seekor harimau dan Pi yang mampu bertahan hidup selama berminggu-minggu di tengah laut.

Dari ulasan di atas dapat di simpulkan bahwa film “Life of Pi” layak ditonton oleh semua kalangan masyarakat. Perjuangan dan usaha Pi untuk bertahan hidup layak dicontoh.Satu hal lagi yang dapat kita pelajari sebagaimana kita tahu bahwa Tuhan itu benar-benar ada dan akan selalu bersama kita bagaimanapun keadaan kita.

 

Ulfa-Cakep-Indoneisa

Penulis adalah salah satu Duta Cakep dari Temanggung yang biasa dipanggil Ulfa dan lebih akrabnya lagi dipanggil “Ulep” lahir di Temanggung 04 November 1998. Sekarang ia menempuh jenjang pendidikan di  SMA Negeri 2 Temanggung kelas XII. Ia cukup aktif dalam beberapa kegiatan organisasi sekolah seperti Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan Majelis Taklim (MT).

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

  TOP