Menu

Sebelum Memilih Pahami Dulu Fungsi DPR

fungsi DPR

Hai hellow para pemilih cakep? Apa kabarnya? Semoga masih stay tune dalam kebaikan ya… Kali ini aku ingin membahas tentang fungsi anggota DPR. Why dibahas tentang ini? Gini lo, kebanyakan dari kita terutama pemilih pemula banyak yang beranggapan nggak ada guna milih DPR soalnya keterpilihan mereka nggak bakal bisa ngebuat Dilan dan Milea bersatu. Atau kerterpilihan mereka nggak bisa ngebuat ulangan Fisika jadi lebih menyenangkan. Giliran milih ya, asal-asalan aja. Milihnya pakai ngitung kancing segala, yang penting bisa seru-seruan ikutan milih. Terus pamer jari kelingking bertinta.

Apalin ya, ini loh 3 Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat. Ketiga fungsi tersebut sudah dirangkum dalam pasal 20A ayat (1) UUD 1945.

 

1. Fungsi Legislasi

DPR memegang kekuasaan dalam membentuk Undang-undang. Nah, kalau kalian ingin ada kepastian hukum atas perkara hidup yang dihadapi maka DPR dapat memfasilitasi dalam pembuatan Undang-Undang. Misalnya Undang-undang pendidikan, ketok palunya ada di DPR ini. Milih DPR ada ngaruhnya kan buat idup loe?

2. Fungsi Anggaran

DPR membahas dan memberikan sebuah persetujuan terhadap RUU Anggaran Belanja Negara yang diajukan oleh Presiden. Banyaknya uang yang akan dipakai selama satu tahun kesepakatannya ada di sini. Termasuk pemberian subsidi, beasiswa, dan anggaran pendidikan lainnya.

3. Fungsi Pengawasan

DPR melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-undang dan penggunaan anggaran belanja negara. Mengawasi jalannya pemerintahan adalah menjadi tugsanya DPR. Kalau-kalau Presiden atau kepala daerah (untuk DPRD) melakukan pelanggaran dalam implementasi pelaksanaan undang-undang. Atau terjadi kebocoran penggunaan anggaran. DPR lah yang memiliki fungsi untuk melakukan pengawasan.

 

Meskipun kita tuh pemilih pemula bukan berarti bisa diboongin sama tampang dan janji. Musti liat jugak tu janji realistis kagak. Sinkron nggak sama fungsinya. Sesekali kalau ada pertemuan dengan calon anggota DPR kita ikutan aja. Terus iseng-iseng tanya fungsi mereka duduk manis di DPR itu buat apa. Kali mereka juga nggak tau.

 

Diliat dari tiga fungsi ini sudah kebayang, kan? Gimana idealnya seorang anggota dewan itu. Nggak cukup senyum manis di baliho saja, tapi butuh kemampuan sehingga ketiga fungsi tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pastikan gunakan hak pilih dan say no to golput. Karena Golput bukan solusi.

 

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP