Menu

SIKAP TERCAKEP KALAU LIAT MONEY POLITIC

jika melihat money politic

 

Perhelatan pesta demokrasi di Indonesia tinggal menghitung hari. Beragam sepanduk, tawaran janji, dan beragam aksi dilakukan oleh peserta pemilu. Adu strategi dan gagasan kreatif dilakukan untuk meperkenalkan diri kepada masyarakat luas. Tidak sedikit para calon yang seolah ingin menunjukkan bahwa aku adalah kamu dan kamu adalah aku, maka pilihlah aku sebagai wakilmu di kursi anggota dewan.

 

Sayangnya, pesta demokrasi yang berfungsi memilih wakil sesuai dengan hati nurani tercederai. Serangan fajar atau lebih dikenal denganĀ  money politic sudah akrab dengan telinga setiap ada pemilihan. Seolah menjadi sebuah budaya, dan tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa menerima uang dari peserta pemilu adalah hal biasa, dan sah-sah saja. Tapi benarkah tidak apa-apa money politic itu dilakukan?

 

Tentu saja hal itu melanggar undang-undang. Seseorang menyalurkan hak suara seharusnya tidak karena uang saku yang akan dia terima. Akan tetapi terlahir dari sebuah kesadaran bahwa itu merupakan kewajiban kepada negara. Sebagai pemilih jangan sampai berfikir jika tidak ada uang maka tidak ada suara yang diberikan.

 

Buat kalian, anak-anak muda yang terlahir dengan sebuah idealisme luar biasa tentu tak bisa begitu saja membiarkan politik uang menciderai demokrasi kita. Mimin mau bagi langkah-langkah tercakep yang bisa dilakukan jika melihat atau menemui money politic.

 

Pertama, siapkan buktiĀ tindakan money politic.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat melihat peristiwa money politic di depan mata adalah, siapkan kamera. Foto dan rekam percakapan antara pemberi dan penerima uang. Kan nggak lucu kalau kita mau laporan ternyata nggak punya bukti yang kuat.

Kedua, tolak uang yang diberikan jika kamu jadi bagian yang dikasih.

Bukannya tidak mungkin, kalian yang merupakan pemilih pemula juga akan menjadi sasaran pemberian amplop berisi uang. Nah, kalau kalian dikasih tolak uang itu. Apapun isi permintaan tetap ditolak. Jangan terima uang tersebut.

Ketiga, lapor ke Bawaslu

Setelah disiapkan bukti dan saksi segera lapor kepada Badan Pengawas Pemilu. Saat ini Bawaslu sudah memiliki perwakilan hingga tingkat desa dan kelurahan. Kalian kudu tau siapa perwakilan di desa/kelurahan kalian tinggal. Jika sudah ketemu maka laporkan kejadian tersebut kepada beliau agar dilakukan tindakan dengan cepat dan tepat.

 

Keempat, Jangan pilih orangya

Ini adalah keputusan terbaik. Nggak cakep banget perbuatannya. Tidak ada hal baik yang diawali dengan keburukan, jika ingin baik dalam menjalankan amanah jabatan seharusnya mereka juga mendapatkan dengan hal baik pula. Maka, tida mengherankan kasus korupsi seolah tak ada hentinya. Bisa aja kan si pembagi amplop di pagi buta mau balikin modal dengan cara nilep uang? hihihi.

 

 

Okay, Gaess segitu aja dulu cara tercakep yang perlu dilakukan saat menghadapi money politic. Tanggal 17 April 2019 jangan lupa gunakan hak pilihmu. Money Politic??? Hempaskaaan!!

Share this Post!

About the Author : Admin Cakep


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP